Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jamur Tiram enak bergizi kaya akan manfaat


Foto : Cookpad.com

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari jenis Basidiomycota dan tergolong dalam kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryingii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom.

Jamur tiram juga sangat mudah di budidayakan, dengan memanfaatkan limbah serbuk gergaji kayu atau limbah jerami, yang mudah di dapat.

Jamur tiram kaya manfaat, sebagai makanan, menurunkan kolesterol, sebagai antibakterial dan antitumor, serta dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi. Jamur Tiram juga mempunyai efek positif sebagai antitumor, antikanker, antivirus (termasuk AIDS), melawan kolesterol, antijamur, antibakteri, dan dapat meningkatkan sistem imun.

Banyak olahan Jamur Tiram enak dan lezat, seperti Sate Jamur, Jamur Crispy, pempes jamur, tumis dll. Olahan Jamur tiram bisa di jadikan alternatif kuliner lezat, bergizi kaya akan manfaat dan juga rendah kolesterol. Sekian dulu ya sobat..

Semoga bermanfaat.!