Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ciri ciri sapi hamil

Bagaimana cara mengetahui saat sapi hamil? Mengetahui ciri ciri sapi hamil sangatlah penting bagi pemilik sapi

Di Indonesia sapi adalah binatang ternak yang banyak di pelihara dari perorangan sampai kelas pabrik, untuk di manfaatkan susu dan dagingnya. Untuk itu, mengetahui ciri-ciri sapi hamil adalah suatu keharusan untuk mempelajari bagi seseorang saat memelihara sapi.

Bagaimana cara mengetahui ciri-ciri sapi hamil? Mengetahui ciri ciri sapi hamil sangatlah penting bagi pemilik sapi. Pasalnya banyak yang harus di persiapkan saat sapi hamil, untuk pertumbuhan janin dan persiapan saat sapi melahirkan, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak di inginkan terjadi.

Karena masih banyak peternak yang masih belum mengetahui ciri-ciri sapi hamil, berikut ini ciri-ciri sapi anda sedang hamil:

1. Temperamen sapi menjadi lebih teratur

Saat sapi anda terlihat lebih tenang dari biasanya, itu saatnya anda lebih memerhatikan kondisi sapi anda. Karena pada umumnya saat sapi terlihat tenang itu menunjukkan sapi anda sedang hamil. Walau tidak semua sapi yang terlihat tenang pasti sedang hamil.

Ada baiknya anda menghubungi dokter hewan untuk memastikan keadaan sapi anda sedang hamil atau tidak. Dengan melakukan tes dapat di pastikan sapi anda kelihatan tenang di sebabkan perubahan hormon karena kehamilan atau karena faktor lain yang tidak kita inginkan, seperti penyakit misalnya.

2. Bulu sapi terlihat lebih mengkilat

Ketika sapi hamil, bulunya akan terlihat lebih mengkilat bila di bandingkan saat sapi tidak hamil. Untuk yang masih awam tentang sapi, ciri-ciri ini kadang agak sulit untuk di ketahui apalagi anda jarang memperhatikan bulu sapi saat tidak hamil.

Untuk yang sudah mahir akan dapat mengetahui, ciri-ciri bulu sapi mengkilat adalah salah satu ciri sapi anda sedang hamil.

3. Gerakan sapi melambat

Sapi yang sedang hamil akan terlihat gerakannya lambat karena faktor janin yang ada di dalam tubuh induk sapi, selain tubuh semakin membesar bergerak tiba-tiba akan mempengaruhi kondisi janin yang ada dalam tubuh induk sapi dan tubuh sapi itu sendiri. Oleh karena itu sapi terlihat malas-malas kadang menjadi ciri sapi anda sedang hamil.

4. Adanya gerakan fetus

Hampir semua makhluk hidup saat sedang hamil pasti ada gerakan pada fetus.
Ini menjadi ciri-ciri sapi sedang hamil, apabila anda meraba bagian perut dekat rahim akan terasa gerakan- gerakan tertentu, yang bisa jadi itu adalah fetus atau bakal anak yang ada di dalam rahim sapi anda.

5. Berat Badan semakin naik

Setiap makhluk hidup saat mengalami kehamilan berat badan akan naik dengan cepat, begitupun pada sapi. Jadi ketika sapi anda terlihat gemuk dan berat badan naik dengan cepat dan tidak ada gejala penyakit terdekteksi bisa jadi sapi anda sedang hamil.

6. Terjadinya Anestrus

Anestrus adalah masa di mana sapi anda tidak ingin kawin atau absennya aktivitas seksual. Hal ini menjadi salah satu ciri-ciri sapi hamil, walau pejantan ingin kawin sapi betina akan menghindar.

Tetapi sapi tidak mau kawin tidak selamanya pasti sedang hamil, bisa juga di sebabkan hal lain, adanya pengakit dan juga sebab yang lain. Untuk memastikan sapi anda sedang hamil, bisa memperhatikan ciri-ciri sapi hamil yang lain atau memeriksakan sapi anda kedokter untuk mengetahui sapi anda hamil atau tidak.

7. Pembesaran abdomen secara progresif

Ciri-ciri yang lain menunjukkan sapi sedang hamil adalah pembesaran abdomen kanan secara progresif. Mulai terbentuknya janin yang menempati rongga dekat abdomen memicu kenaikan berat badan sapi.

8. Pembesaran kelenjar air susu

Seperti makhluk hidup lainnya, sapi saat hamil juga mengalami pembesaran kelenjar air susu, ini berguna untuk persiapan asupan nutrisi bagi calon bayi sapi.

Tetepi terdapat kasus pembesaran kelenjar air susu bukan karena sapi hamil tetepi ada faktor lain, iritasi misal, bahkan bisa kanker di kelenjar air susu. Untuk itu anda harus memastikan hamil atau faktor lain.

Anda sebaiknya memeriksakan sapi anda kedokter hewan untuk memastikan.

9. Hasil positif pada tes palpasi rektal

Untuk mengetahui ciri-ciri sapi hamil salah satunya adalah tes Palpasi rektal. Teknik ini biasanya di lakukan setelah di ketahui bahwa kebuntungan sudah berhasil di lakukan. Biasanya di lakukan paling tidak 3 bulan setelah IB atau Inseminasi Buatan.

Teknik palpasi rektal bisa di lakukan oleh yang orang yang sudah terampil, karena harus meraba dan merasakan internal sapi, seperti ovarium uterus, pembulu darah uterus dan lainnya lewat pemeriksaan inlet pelvis.

Ciri sapi hamil adalah saat adanya kornu di dekat rongga perut dan sudah terdapat ateri uterina serta adanya desiran air mengalir pemeriksaan inlet pelvis. Tes palpasi berikutnya di lakukan untuk melihat perkembangan janin yang ada dalam perut sapi. Namun jangan terlalu sering di lakukan. Karena sapi cenderung tidak nyaman apabila terlalu sering.

Kesimpulan dari keterangan di atas adalah untuk memastikan sapi anda hamil atau ada hal lain, penyakit misalnya. Anda harus memeriksakan sapi anda ke dokter hewan.
Semoga bermanfaat ya sobat..

Post a Comment for "ciri ciri sapi hamil"