Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat jahe emprit

Jahe putih kecil, jahe sunti

Indonesia terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya yang beragam dan berkualitas tinggi. Jahe emprit merupakan salah satu jenis jahe yang kaya akan manfaatnya.

Terpadat 3 jenis jahe menurut ukuran dan rasanya, tanaman jahe sendiri terdiri dari bagian akar, batang, daun dan bunga.

Bagian akar jahe atau disebut rimpang jahe adalah bagian yang biasa di gunakan. Umur 10-12 bulan adalah saat jahe siap dipanen.

Jahe emprit juga bisa di sebut jahe sunti atau jahe putih kecil.

Zingiber officinale adalah nama latin dari jahe emprit.Jahe ini memiliki potongan melintang berwarna putih kekuningan, berbentuk pipih, berserat lembut dengan aroma yang agak tajam dan memiliki rasa yang pedas.

Jahe emprit umumnya di panen dalam kedaan tua.di banding jahe jenis lain jahe emprit memiliki rasa lebih pedas, karena jahe emprit ini memiliki kandungan mintak atsiri yang lebih banyak daripada jahe gajah.

Banyak manfaat yang terkandung dalam jahe emprit ini. Berikut kaksyukron merangkup untuk sobat.

Mengobati Diabetes

Jahe emprit ini dapat merangsang hormon insulin dalam tubuh, yang berfungsi unruk mengontrol kadar glukosa dalam darah. Karena tidak membuat glukosa darah naik jahe emprit aman untuk penderita Diabetes.

Mengobati Asma dan Gangguan Pernafasan

Jahe emprit mengandung senyawa anti inflamasi dan antioksidan yang bisa menekan inflamasi penyebab asma. Oleoresin juga terkandung dalam Jahe emprit ini sebagai zat antitusif untuk membeeaihkan saluran pernafasan dari lendir yang mengganggu.

Mencegah Penuaan Dini

50 senyawa kimia yang terkandung dalam jahe emprit beesifat antioksidan. Kandungan antioksidan dapat menghambat penuaan dini dan kweusakan sel. Beberapa bahan aktif dalam jahe juga digunakan campuran bahan kosmetik sebagai zat antiaging.

Mengatasi Migran atau Sakit Kepala

Anti inflamasi yang terkandung dalam jahe emprit cukup banyak, membuat jahe emprit dapat mengatasi migran dan sakit kepala. Jahe emprit juga dapat menekan peradanfan pada tubuh.

Mengurangi Nyeri Otot

Bahan aktif dalam jahe emprit, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron bekerja menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh. Oleoresin dalam jahe emprit juga bekerja melawan peradaangan. Minum air jahe rutin dapat membantu mencegah dan mengurangi peradangan yang di sebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis dan rematik.

Mengurangi Berat Badan

Jahe emprit memiliki kandungan kimia gingerol yang dapat mencegah kegemukan akibat penumpukan lemak jenuh dalam tubuh. Gingerol dapat menurunkan berat badan dan mengontrol pembentukan jaringan lemak, sehingga jahe emprit cocok sebagai terapi diet.

Menguatkan sistem kekebatal tubuh

Dengan kandungan yang beragam dalm jahe emprit membuat orang teetarik untuk meminum air jahe untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membangun sistem imun yang lebih baik. Sehingga jarang teekena penyakit dan terhindar dari radikal bebas.

Dengan merebaknya Covid_19 pada awal bulan maret lalu harga jahe naik hingga dua kali lipat di pasaran, karna manfaat jahe untuk kekebalan tubuh. Karna kesadaran masyarakat untuk mengkosumsi jahe agar terhindar dari pengakit dan virus termasuk covid_19. Sekian dulu ya sobat.
Semoga bermanfaat...


Post a Comment for "Manfaat jahe emprit"