Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menulis artikel yang baik dan benar SEO friendly

Artikel SEO Friendly

Cara menulis artikel yang baik dan benar SEO friendly- Ketika anda dapat menyelengarakan pesta yang spektakuler tanpa menghampurkan uang, melakukan sesuatu yang unik tanpa terlintas di benak orang lain. Selamat anda berpeluang besar faham bagaimana cara menulis artikel baik dan benar dan SEO friendly.
Bagaimana cara menulis artikel baik dan benar? Artikel yang baik adalah artikel atau jurnal yang informasif, mampu menjawab pertanyaan pengunjung blog anda, mempunyai struktur logis, jelas dan padat, dan tak ketinggalan harus sesuai SEO friendly. 

Sebelum menulis artikel anda harus terlebih dulu mengira-gira, apa sih yang di butuhkan pegunjung? Kalau sudah ketemu, itu saatnya anda menuangkannya dalam sebuah artikel. Artikel anda harus mampu membuat puas pengunjung dan tidak perlu berkunjung ke blog orang lain.

1.Riset Keyword atau mencari topik artikel

Menentukan judul artikel adalah hal yang sangat penting, karena saat kita sudah menentukan judul artikel kita baru melanjutkan ke tahan selanjutnya.

Bagaimana cara menemukan ide topik artikel? Terkadang ini yang membuat kita pusing tuju keliling, itu saya ya semoga anda tidak. Tetepi kalau kita sadari di waktu-waktu tertentu tanpa kita sadari ide itu muncul entah saat pekerja, makan siang, istirahat dan lain-lain.

2. Membuat kerangka atau pokok-pokok artikel

Sesudah menentukan topik artikel selanjutnya adalah membuat pokok-pokok artikel, sederhananya kita pikirkan dan tulis dulu tahapan-tahapan penting dalam artikel.

3. Mengumpulkan referensi

Untuk menjabarkan pokok-pokok artikel anda akan membutuhkan referensi, jadi di tahap ini kita harus mengumpulkan referensi. Anda bisa dengan membaca buku, membaca website dan lain-lain.

Saya sarankan anda mengumpulkan sebanyak mungkin referensi sebagai pendukung membuatan artikel anda, jangan sampai saat menulis artikel anda di buat pusing karena kekurangan referensi.

4. Mengembangkan topik dan pembahasan

Di poin ini, setelah pokok-pokok artikel sudah anda buat dan mengumpulkan referensi selanjutnya adalah mengembangkannya menjadi paragraf-paragraf yang urut.

5. Membuat kesimpulan

Ini adalah bagian di katakan paling mudah di semua tahapan membuat artikel, karena anda tinggal membuat kesimpulan dari artikel yang anda buat. Tetapi anda bisa membuatnya dengan baik dan benar apabila logika atau alur artikel anda benar.

6. Revisi atau editing

Hal ini penting di lakukan, kadang kala saat anda membuat artikel salah tulis atau salah menempatan kata, memeriksa tata bahasa ini perlu untuk di perbaiki. Semua itu pertujuan untuk mempertajam isi artikel dan membuat lebih menarik.

7. Publikasi

Ini adalah tahap terakhir dalam membuat artikel, setelah semua tahapan di atas sudah di lakukan. Anda sudah yakin artikel anda sudah baik dan benar itu saatnya artikel anda di publikasikan.

Ketika anda sudah menguasai semua uraian di atas, anda akan gampang saat ingin membuat artikel, baik artikel kesehatan, artikel tugas sekolah, artikel tugas kuliah, membuat artikel di Word, di Google, di wordpress, artikel agama, artikel berita, artikel bahasa inggris, artikel tentang ekonomi dan sebagainya.

Itulah tahapan demi tahapan yang bisa saya sajikan untuk anda, yang perlu di ingat bagi pemula yang baru belajar menulis artikel, jangan ada kata menyerah. Apabila anda sudah menyerah detik itu juga anda sudah gagal dalam dunia menulis.
Sebenarnya banyak jenis artikel, saya tambah sedikit ya. Jenis-jenis artikel antara lain sebagai berikut:

Artikel Deskripsi

Artikel jenis ini adalah pengambaran suatu fakta sehingga budah di bayangkan, di sebut juga artikel gambar karena artikel ini berupa gambaran suatu keadaan, kejadian peristiwa.

Artikel Narasi

Artikel ini biasanya menceritakan sesuatu keadaan atau kejadian berdasarkan urutan waktu atau kejadian. Bisa juga di sebut artikel cerita.

Dalam artikel ini harus ada penokohan seperti pada cerita pada umumnya.

Artikel Eksposisi

Ini adalah artikel yang menjabarkan sebuah topik. Bisa berbentuk definisi, fungsi, bagian dan kegunaan sebuah konsep.

Inti artikel ini ialah memaparkan poin-poin, uritan angkat, menjajarkan definisi, dll. Kadang juga di masukkan unsur opini pribadi di dalamnya.

Artikel Persuasif

Artikel ini di sebut juga artikel motivasi, karena isi penulisannya bersifat membujuk atau persuasif . Mempunyai efek bisa mengerakkan pembaca untuk mengikuti sesuatu atau sebaliknya.

Artikel ini cocok di buat oleh pebisnis, konsultan, agamawan, psikolog, terapis dan oleh mereka untuk mengerakkan membaca agar mau, rela, antusias dan tidak menolak apa yang mereka sampaikan.

Artikel SEO

Artikel ini adalah memaksimalkan pencarian kata kunci pada situs search engine seperti google. Ini adalah artikel khusus untuk penulis online di website atau blog.

Artikel SEO ini bisa berupa deskripsi, narasi, eksposisi, persuasi atau argumentasi.

Pokok dari artikel SEO adalah dalam menulis artikel menerapkan aturan mesin pencari sehingga mesin pencari mudah merayap dan merekomendasi artikel anda hadir di halaman hasil pencarian.

Artikel Ilmiah atau karya Ilmiah

Karya Ilmiah ialah hasil suatu penelitian atau pengkajian yang sesuai kaidah dan etika keilmuan oleh seseorang atau tim.
Sekian dulu dari saya. Trima kasih.

Post a Comment for "Cara menulis artikel yang baik dan benar SEO friendly "