Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Google Drive, Lengkap!

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Google Drive, Lengkap-

Pengertian Google Drive

Google Drive merupakan media penyimpanan data awan atau Cloud Storage, berbasis Internet yang diluncurkan oleh Google ada tanggal 24 April 2012. Dalam Google Drive kamu bisa menyimpan berbagai jenis file, berupa dokumen, video, audio atau gambar dengan kapasitas penyimpanan 15 GB, terbilang cukup besar dan Gratis. Bagaimana Pengertian, Fungsi dan Manfaat Google Drive, Lengkap?

Pengertian Google Drive:

Google Drive merupakan layanan yang di berikan oleh Google sebagai menyimpanan awan atau Cloud Storage, kamu bisa menyimpan berbagai file di dalamnya. layanan Google Drive ini di berikan secara gratis dengan kapasitas penyimpanan 15 GB atau kalau masih kurang kamu bisa mengunakan Google Drive Unlimited, tetapi kamu harus membayar untuk layanan Unlimited ini.

Layanan Google Drive di luncurkan sejak tahun 2012, dan terus berkembang pesat sampai saat ini, layanan ini tidak hanya untuk penyimpanan saja, kamu bisa juga mengedit file-file di dalamnya sesuka kamu. Google Drive merupakan layanan penyempurnan dari Google Docs terdahulu, yang fitur-fiturnya di alihkan ke Google Drive.

Fungsi Google Drive:

Fungsi Google Drive

Untuk Menyimpan File

Fungsi utama Google Drive ialah untuk media penyimpanan data Online atau Cloud Storage, kamu bisa menyimpan file dengan berbagai fomat, mulai gambar, video, audio sampai dokumen. Untuk mengunakan layanan ini kamu harus tersambung dengan jaringan internet agar bisa menyimpan file di dalamnya, tetapi kamu bisa membuatnya tersedia Offline setelah kamu simpan di Google Drive. 

Berbagi File

Setelah file sudah kamu unggah ke Google Drive kamu juga bisa berbagi file dengan temen-temen kamu dengan mudah, kamu hanya perlu share link file yang ada di dalam Google Drive, kamu bisa share link kamu ke Whatsapp sampai email pun bisa.

Mengedit File

Kami juga bisa menjalankan Editing data secara langsung tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.
Google Drive menjalankan fitur edit data teks dengan terhubung dengan layanan Google lainnya, yaitu Spreadsheet. Layanan ini berfungsi edit data mirip Microsof Word atau Excel, bedanya layanan ini beewujud online tidak harus mengingsal Software.

Melakukan Backup data

Secara tidak langsung ini sama dengan menyimpan data, Google Drive ini di gunakan untuk backup data di komputer atau di perangkat yang lain.

Misalnya, saya seorang blogger untuk backup data atau mengamankan file-file saya di blog, saya simpan di Google Drive, untuk menyegah hal-hal yang tidak di inginkan.

Manfaat Google Drive:

Manfaat Google Drive

Digunakan untuk Berbagai File Berukuran Besar

Berbagi file dengan kenalan dan kerabat adalah suatu yang tak terhindarkan, merupakan aktivitas yang seringkali dilakukan oleh banyak orang saat ini. Hal yang menjadi kendala adalah saat kamu ingin berbagi file dengan kapasitas ukuran yang besar, dan Google Drive adalah solusinya.

Ketika kamu ingin membagikan file di Google Drive cukup kirim link nya saja, dengan ukuran yang besar sekalipun. 

Sebagai Hosting Website

Bagi yang mengelola website atau blog akan membutuhkan penyimpanan, nah hosting ini adalah tempat penyimpanan file dari website atau blog tadi, bisa berupa Html, CSS, gambar dan lain-lain.

Menerjemahkan File

Layanan Google Saling terkait satu sama lain, begitu juga layanan Google Drive ini terkait dengan Google Translate. Berkat fitur Google Translate ini, file dengan bahasa asing kamu yang ada di dalam Google Drive bisa kamu terjemahkam dengan mudah di sini.

Bagaimana caranya?

Buka file dengan bahasa asing dalam Google Drive kamu > pilih kanan pada file >  klik " Open Withe Google Drive" > blok file tulisan yang akan kami terjemahkan > klik Simbol Google Translate di Sebelah kanan, apabila berhasil, tulisan akan berupa dengan bahasa yang kamu inginkan.

Sekarang kamu sudah tahu Pengertian, Fungsi dan Manfaat Google Drive, Lengkap ya. Selanjutnya kamu juga perlu pengetahui Kelebihan dan Kekurangan Google Drive.

Sekian dari saya semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Pengertian, Fungsi dan Manfaat Google Drive, Lengkap!"