Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

1 Rim Berapa Lembar? Inilah Satuan Rim, Lusin, Kodi dan Gross Lengkap

1 Rim Berapa Lembar? Inilah Satuan Rim, Lusin, Kodi dan Gross Lengkap1 rim sama dengan 500 lembar. Setidaknya kita memang harus mengetahui tentang satuan rim, kodi dan gross, karena di kehidupan sehari sering kali di pakai untuk menghitung jumlah suatu barang atau benda. Langsung saja selengkapnya mari simak pembahasan di bawah ini :

1 Rim Berapa Jumlah

Satuan Rim

1 Rim = 500 Lembar

Rim yaitu satuan untuk kertas yang berjumlah 500 lembar. 1 rim jumlahnya sama dengan 500 lembar. misalnya : satu rim kertas HVS berjumlah 500 lembar kertas, dua rim kertas A4 sama dengan 1000 lembar kertas A4, tiga rim kertas folio itu terdiri dari 1500 lembar kertas folio, dst.

Satuan kertas pada rim berdasarkan pada satu kemasan standar kertas HVS yang memiliki jumlah isi 500 lembar. Satu kemasan kertas HVS tak selalu berisi satu rim (500 lembar), bisa juga yang berisi 20 lembar, 50 lembar, 100 lembar, dan 200 lembar

1 rim = 500 lembar

Beberapa Contoh Kertas yang Dihitung dalam Satuan Rim

Tidak seluruhnya jenis kertas dihitung dengan satuan rim. Jenis kertas yang biasa dihitung dalam rim ialah jenis kertas standar yang umum diperjualbelikan. Beberapa jenis kertas yang biasa dihitung dalam satuan rim seperti di bawah ini.

  • Kertas HVS ukuran a4 ( kuarto )
  • Kertas HVS ukuran folio
  • Kertas HVS ukuran a3
  • Kertas HVS ukuran legal
  • Kertas HVS ukuran letter

Contoh Perhitungan Satuan Rim

Berikut ini contoh perhitungan memakai satuan rim

Contoh Soal 1

Soal: Jaka membeli 3 rim kertas A3. Berapa kertas A3 yang dibeli Jaka?
Jawaban :
3 rim kertas A3 = 3 x 500 lembar = 1500 lembar kertas a3.

Contoh Soal 2

Soal: Di atas meja ada 2 rim kertas fotokopi. Ada berapa lembar kah kertas fotokopi di atas meja itu ?
Jawaban :
2 rim kertas fotokopi = 2 x 500 lembar = 1000 lembar kertas fotocopy.

Contoh Soal 3

Soal: Satu buku laporan terdiri atas 500 lembar. Berapa rim kertas yang dibutuhkan untuk mencetak laporan tersebut?
Jawaban :
500 lembar = 500 : 500 = 1 rim.( satu rim )

Contoh Soal 4

Soal : seorang guru ingin membuat buku dan membutuh kan 2500 lembar kertas hvs, dan menyuruh si murid untuk membelikan kertas hvs itu di toko. berapa Rim kah yang harus di beli murid ?Jawaban :
2500 lembar = 2500 : 500 = 5
Jadi jawabanya ialah si murid harus membeli 5 rim kertas hvs

Contoh Soal 5

Soal: Berapa rim kertas HVS yang dibutuhkan untuk memfotokopi sebuah undangan sebanyak 1500 lembar?
Jawaban :
1500 lembar kertas HVS = 1500 : 500 = 3 rim

Satuan Lusin

Satuan Lusin

Kata lusin berasal dari bahasa serapan yaitu dozijin yang diambil dari bahasa Belanda yang memiliki arti 12, namun dalam bahasa inggris lusin dikenal dengan dozen yang artinya juga sama yaitu 12.
umumnya satuan lusin dipakai untuk menjelaskan jumlah ataupun total dari keseluruhan barang dan benda yang dibeli misalnya buku, piring, gelas, lilin, pensil, penghapus dan masih banyak lagi lainya. Satu lusin memiliki arti 12 buah.

Satuan Kodi

Satuan Kodi

Satuan kodi ini untuk menjelaskan jumlah ataupun total dari keseluruhan barang dan benda yang dibeli seperti misalnya kayu, baju batang bambu, tas, mainan anak, sepatu, dan sebagainya. Satu kodi berjumlah 20 buah.

Sataun Kodi

Satuan Gross

Mungkin beberapa dari kamu jarang ataupun sama sekali tak pernah mendengar istilah satuan gross ini. Satuan gross yaotu konversi dari satuan lusin. Satu gross memiliki arti 12 lusin yang apabila dinyatakan dalam jumlah menjadi 144 buah. jika ayah membeli satu gross baju itu artinya jumlah baju yang ayah beli adalah 144 baju

Post a Comment for "1 Rim Berapa Lembar? Inilah Satuan Rim, Lusin, Kodi dan Gross Lengkap "