Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Fungsi Sitemap untuk Blog


Pengertian dan Fungsi Sitemap untuk Blog-Walaupun mungkin masih awam tentang mengelola sebuah blog, tetapi kemungkinan besar Kamu pernah  mendengar tentang Search Engine Optimization (SEO). Ini ialah istilah sebuah teknik besar yang bisa meningkatkan peringkat situs Kamu di mata mesin pencari.

Apa itu Sitemap ?

Sitemap yaitu suatu kode script berupa file teks yang menyediakan informasi secara detail perihal seluruh laman dan konten website Kamu kepada search engine atau mesin pencari. Sitemap terdiri dari navigation, organization, dan labeling system untuk membantu mempermudah google dan search engine lainnya agar lebih kompeten menelusuri atau crawling pada website Kamu. Pelajari pembahasan lebih rinci cara daftar atau submit Sitemap ke Google Webmaster terbaru 2020

Sitemap

Pentingkah Sitemap bagi sebuah website ?

Secara umum, suatu website akan sangat di untungkan jika memiliki sitemap di dalamnya. Karena sitemap layaknya kartu undangan bagi crawler dan merupakan index laman website.

Ada 2 jenis sitemap, HTML & XML yang datu sama lain memiliki nilai dan kegunaanya masing-masing dalam hal SEO (Search Engine Optimization). 

Sitemap HTML memiliki fungsi memudahkan pengunjung dalam menavigasi isi website. Sedangkan Sitemap XML berfungsi memastikan agar URL pada blog yang didaftarkan muncul dan terindeks oleh crawler mesin pencari.

Berikut ini adalah beberapa hal mengenai Sitemap XML yang harus kamu ketahui :

Mengirimkan sitemap XML tidak menjamin laman blog Kami terindex 100%. Sitemap XML lebih dilihat sebagai rekomendasi dari URL yang Kamu inginkan untuk di telusuri dan di indeks oleh mesin pencari.

URL yang terdaftar dalam Sitemap XML tidak mempunyai pengaruh besar terhadap peringkat blog Kamu di hasil mesin pencari

Jadi apa fungsi Sitemap XML ?

Lebih sederhananya, dengan Sitemap XML anda akan :

Fungsi Sitemap pada Blog

Dapat mempermudah crawler search engine menemukan dan mengindeks URL pada blog Kamu. Jika blog Kamu berskala besar layaknya website e-commerce, kemungkinan crawler akan kesulitan menemukan dan mengindeks laman baru. 

Fungsi Sitemap membantu crawler lebih memahami konten blog kamu. Jika blog Kamu memiliki banyak laman atau menu yang tidak terhubung dengan baik. Kamu bisa memakai Sitemap XML untuk menginformasikan ke google mengenai laman-laman tersebut agar memudahkan crawler mereka. 

Meningkatkan SEO blog kamu. Meskipun tidak meningkat secara signifikan, jika blog kamu cenderung masih baru dan tidak memiliki banyak external link. Kamu bisa memakai sitemap XML agar crawler dapat menelusuri antara satu laman dengan laman yang lainnya.

Dengan menambahkan tag pada XML sitemap, secara tidak langsung Kamu mengidentifikasi mana laman yang ingin Kamu prioritaskan untuk ditampilkan di hasil pencarian.

Dalam Sitemap, Kamu juga perlu membuat sitemap untuk setiap gambar yang ada. Mengapa demikian ? Karena hal tersebut dapat meningkatkan peringkat blog kamu pada hasil pencarian berbasis Image atau Gambar. Sitemap Gambar meliputi alt name, title attribute, image caption, dan nama yang bersifat SEO friendly. Gunakan keyword yang relevan dan sejelas mungkin pada gambar Kamu. Begini pembahasan lengkap Cara Membuat Daftar Isi Sitemap SEO di Blogger terbaik 2020

Kesimpulan :

Sitemap bermanfaat untuk blog atau website jenis apapun karena tujuan utamanya adalah membuat blog yang user friendly. Sitemap juga bisa membantu mengamankan peringkat teratas pada halaman hasil mesin pencari dan berkontribusi besar membuat blog kamu lebih mudah di indeks dan di telusuri (crawling) mesin pencari. Untuk lebih banyak mendatangkan visitor organik dari mesin pencari Bing kami bahas lengkap Cara mendaftarkan blog ke Webmaster Tools Bing

2 comments for "Pengertian dan Fungsi Sitemap untuk Blog"

Silahkan tinggalkan komentar Kamu
berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Terima kasih